Selamat sore para pembaca setia blog ini. Yang masih sabar menunggu update-an tulisannya Open-mouthed smile.  Terakhir update yaitu tanggal 9 Januari 2014 dan itupun melalui Path. Haha. Ok kita langsung saja.

Jam 15.20, masih sekitar satu jam lagi menuju parkiran motor dibawah. Yah, sambil menunggu bolehlah sedikit cuap-cuap di depan keyboard. Tulisan kali ini update-an dari tulisan aku sebelumnya yaitu mengenai download citra (free). Bisa dari Google, Bing, Nokia, ESRI, dll. Tulisanku sebelumnya bisa dibaca (dengan sabar) disini.

Sedikit flashback dulu ya kakak.

Diakhir tahun 2013, seorang mantan staff di SPP membawa oleh-oleh yang sangat luar biasa. Waktu itu sebut saja namanya Fajar, pulang dari diklat pengukuran dan pemetaan di BIG (Bakosurtanal). Oleh-olehnya yaitu sebuah program bernama SASPlanet. #JRENG!

SASPlanet ini ibarat Google Earth tapi dengan kemampuan menampilkan citra dari sumber lain seperti bing, nokia dll. Dan plusnya lagi bisa di download dan di-save sebagai file *.jpg atau *.ecw ter-georeference (lintang, bujur). Bagi yang sudah pernah menggunakan Stitch Map atau Universal Map Downloader, maka anda akan dimanjakan dengan SASPlanet ini dalam peng-unduhan citranya. Dan yang paling penting, program ini bebas biaya alias GRATIS!

Bagi yang ingin mencoba sila mengunduh programnya di situsnya. Atau bagi yang tidak mau repot bisa langsung ke direct linknya. Kutulis repot disini karena situsnya  berbahasa RUSIA. Hot smileSiapkan dulu google translate nya saudara-saudara.

image

Gambar 1. Tampilan Home

image

Gambar 2. Tampilan Direct Link (cukup tunggu 5 detik)

Bagaimana, sudah dong ora? Open-mouthed smile

Next, cara makainya piye? Kalau download selesai, tinggal di-extract saja file zipnya di direktori yang anda suka. Dan seperti judul diatas Exceute SASPlanet.exe!

Ketika pertama kali dijalankan akan muncul tampilan seperti diatas dengan default citranya dari google satellite

image

Gambar 3. Tampilan awal SASPlanet

Kalau ingin mengganti sumber maps bisa dipilih dari drop down menu seperti gambar dibawah

image

Gambar  4. Drop down menu sumber maps

Coba kita bandingkan citra dari berbagai sumber ini dengan lokasi yang sama

image

Gambar 5. citra dari Google Satellite

image

Gambar 6. citra dari Bing Satellite

image

Gambar 7. citra dari Here Sat (Nokia)

Sekarang tinggal anda pilih, mana citra yang paling cocok digunakan.

FYI, ada beberapa lokasi yang resolusinya citranya sangat rendah. Anda bisa mencoba dari  drop down menu pada SasPlanet sumber dari mana yang resolusinya cukup bagus. Dari pengalaman, biasanya sumber maps yang cukup lumayan bagus dari Google, Bing, Nokia dan ESRI. Sumber maps yang lain untuk wilayah Indonesia tidak begitu bisa diharapkan datana.

Oh ya, jika ingin meng-overlaykan dengan data lain (misal hasil pengukuran) bisa diinput di SASPlanet. Syaratnya file harus dalam format *.gpx atau *.kml atau format lain seperti digambar.

image

Gambar 8. Format data lain yang bisa di-overlay ke SASPalnet

Terakhir, bagaimana cara meng-unduhnya? Jujur, aku sendiri awalnya cukup bingung dengan metode pendownladan di aplikasi ini. Namun setelah trial dan error akhirnya Alhamdulillah berhasil.

Bagaimana caranya? Berhubung waktu sudah menunjukkan 16.30, it’s time for me to go home. Markipul semua. Aku lanjutkan lagi di part II nya.

See U. Smile

Hint.

image

Apa yang bisa anda simpulkan dari gambar screenshot situs SASPlanet diatas?

Kalau tebakan anda benar, maka sejak tahun 2014, SASPlanet di-update disetiap tanggal yang sama dengan angka bulannya, Mungkin bulan depan akan diupdate tanggal 6 Juni 2014. 140606. Magic number isn’t it?. #halah.

Ayo pulang! Work