Adera. Anda kenal dia? Kalau Anda di daerah Sumatera Selatan, nama salah satu daerah disana CMIIW. Adera adalah salah satu pendatang baru di balantika musik Indonesia. Mungkin bisa diibaratkan sebagai Ebit G. Ade versi gaholnya. Ya, Adera adalah salah satu Putra musisi Ebit G. Ade yang notabane sudah dikenal dengan lagu-lagu yang bertema alamnya. Aku sendiri juga baru tau kalau Adera adalah putra Ebiet G. Ade. Haha:mrgreen:

Sebagai pendengar setia lagu-lagu Adera (disebut Aderable) hasil download, aku punya sedikit analisa mengenai ketiga singlenya yaitu Lebih Indah, Terlambat, dan yang terbaru Melewatkanmu. Dilihat dari urutan single dan judulnya, seolah-olah dari “atas ke bawah”, dari kondisi yang lebih indah, lalu terlambat dan melewatkanmu. Hadeeeh. How poor you are.

Aku sendiri punya hipotesa lain mengenai ketiga single ini. Ketiga single ini seperti skenario trilogi terbalik. *ceilah bahasanya*. Tahu film-film besutan Christoper Nolan yang sangat pintar memainkan alur cerita seperti di film Memento dan Inception. Begitu pula dengan ketiga single ini. Bagaimana kalau kita balik alur ketiga single ini dari Melewatkanmu, lalu Terlambat dan Lebih Indah.

Begini analisa hubungan trilogi single Adera (tentu saja analisa ini bersifat subjektif) Smile:

Sebelum melanjutkan membaca sangat dianjurkan telah pernah mendengar ketiga single diatas


 

Melewatkanmu

Lagu ini mengisahkan tentang sang aktor yang tidak bisa melupakan seseorang di masa lalunya dan masih merindukannya. Saking susahnya, bayangannya masih saja muncul dipikirannya Namun sang aktor tidak bisa berbuat apa-apa karena menurut dia, orang itu telah bahagia. Ini bisa dilihat dari penggalan lirik:

Harusnya ku telah melewatkanmu
Menghapus kamu, dari dalam benakku
Namun ternyata sulit bagiku
Merelakanmu pergi dari hatiku
Selalu ingin dekap tubuhmu
Namun aku tak bisa
Karena kau telah bahagia

 

Terlambat

Setelah sekian lama melewati cerita melewatkanmu, sang aktor mencoba menyusun kehidupannya. Dia “sepertinya”menemukan pengganti seseorang di masa lalunya yang mungkin sudah bisa dilupakannya. Diapun mencoba mendekati dan berharap bisa mengungkapkan perasaannya. Namun ada dikata, sayang seribu sayang. dia terlambat meng-eksekusi sang target. Ada yang tiba-tiba menyalib ditikungan dan hilanglah kesempatanya. Namun dia bertekat tak akan menyerah.

terlambat sudah semua kali ini
yang ku inginkan tak lagi sendiri
bila esok mentari sudah berganti
kesempatan itu terbuka kembali
akan ku coba lagi

Dia pun belajar dari kesalahan ini.

pengalaman pahit yang ku jadikan pelajaran
dalam hidup yang tak akan terlupakan (terlupakan)
oh jangan menunda sesuatu untuk dikerjakan
jangan tunda jangan tunda

Namun dalam video klipnya menceritakan si Adera terlambat beli gitar. Wkwkkwkw.

Lebih Indah

Setelah sekian lama melewati episode melewatkanmu yang pahit dan episode terlambat yang masih saja terus “akan kucoba lagi”, aktor pun sampai pada kondisi pasrah. Ya sudahlah. Whatever lah. Sampai sang aktor “hampir” menutup hatinya. Seperti  dalam lirik

saat ku tenggalam dalam sendu
waktupun enggan untuk berlalu
ku berjanji tuk menutup pintu hatiku
entah untuk siapapun itu

Namun tiba-tiba dia melihat sesosok cahaya  yang menyilaukan #eaaa #eaaa. *lebay* dan akhirnya setelah bersabar sekian lama, yang dia tunggu pun akhirnya datang.

dan kau hadir merubah segalanya
menjadi lebih indah
kau bawa cintaku setinggi angkasa
membuatku merasa sempurna
dan membuatku utuh tuk menjalani hidup
berdua denganmu selama-lamanya
engkaulah yang terbaik untukku

Dan sang aktor pun perjanji. You’re the last.

ku percayakan seluruh hatiku padamu
kasihku, satu janjiku
kaulah yang terakhir bagiku

Begitulah kira-kira analisaku mengenai ketiga trilogi single Adera ini. Seperti satu kesatusan cerita episode. Ya, just for fun tidak bisa dijadikan acuan. Karena bisa juga kejadian yang sebaliknya. Haha

Yang jelas semua lagu-lagu Adera dan tentu saja lagu-lagu Ebiet G. Ade top markotok. Gud marsogud.

Ada yang udah punya full album Adera – Lebih Indah? Ngopi pinjam donk.:mrgreen:

image

Ingin tau Adera lebih jauh. Go here.