Judul diatas mungkin lebih cocok ditulis menjadi Peta Indonesia di Laptop Anda atau Peta Indonesia di hape anda:mrgreen:

image

Aku menulis seperti judul diatas supaya menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi peselancar yang sedang mencari informasi peta di google sehingga masuk dalam indexing nya si google. Hehe.

Ya, judul diatas aku tulis dalam artian kita bisa memiliki peta seluruh Indonesia hanya dengan bermodalkan komputer/laptop atau hape ditambah aplikasi yang mendukungnya (ditulisan ini aku contohkan untuk penggunaan dengan komputer).

Salah satu map service yang cukup populer yaitu google maps. Jika menggunakan google maps,  mengharuskan kita terkoneksi di internet. Memang, peta google maps cukup interaktif dalam penggunaannya dan menyediakan informasi multi layer. Namun, bagaimana kalau kita berada dalam kondisi tidak bisa mengakses internet? Peta google maps tidak bisa digunakan sama sekali.

Solusinya yaitu menggunakan offline maps. Ada beberapa offline map yang saya kenal diantaranya Ovi Maps dari Nokia (sekarang berganti nama jadi here) dan Peta Offline Indonesia (yap, hanya Indonesia) dari navigasi.net. Kedua offline maps ini bisa diakses kapanpun dimanapun cukup dengan menggunakan hape atau komputer. Alangkah lebih bagus lagi kalau device tersebut di integrasikan dengan GPS sehingga posisi bisa diketahui.

Ovi Maps hanya mendukung hape Nokia sehingga untuk menggunakannya harus punya Nokia (beli dulu sana:mrgreen: ). Untuk peta dari navigasi.net kita cukup mendownload petanya dan membukanya sesuai format yang di download. Navigasi.net menyediakan peta untuk format Garmin, KNav, Navitel (NM2), Papago dan Polnav. Mungkin bagi pencinta GPS sudah tidak asing dengan nama-nama diatas, tapi aku sendiri cuma tau GPS Garmin Open-mouthed smile. Oleh karena itu, yang aku bahas selanjutnya bagaimana menggunakan data Peta Indonesia dalam format Garmin di PC.

Yang diperlukan:
A. Komputer PC/Laptop

B. Aplikasi MapSource Garmin. Download

C. Peta Indonesia dari navigasi.net. Download

A. Untuk PC pasti udah punya khan Smile with tongue out.

B. Untuk MapSource setelah download jangan langsung dijalankan ada sedikit trik dulu.

1. Extract file MapSource_xxxx.exe menggunakan program extraksi seperti WInzip atau WinRar

image

2. Buka hasil ekstrak dan jalankan file Main.msi atau MSmain.msi. Jangan pernah menjalan file setup.exe

image

3. Ingat, jangan pernah menjalankan file setup.exe (iya, iya  -_-). Setelah itu tinggal next, next, next, finish.

C. Setelah download Peta dari Navigasi.net cukup di next,next tapi dibagian Please specify how you would like to use Indonesia Free Maps, centang saja keduanya

image

Setelah itu next, next finish. Selesai

Sekarang coba jalankan Aplikasi MapSource nya. Jika anda beruntung anda akan mendapatkan tampilan seperti berikut:

image

Jika anda belum beruntung ya berarti derita looo!!. anda baca lagi dari atas:mrgreen:

Ok, jika anda belum beruntung coba cek Map Product Manager dengan menekan shotcut Ctrl + U.

image

Kalau anda melihat tulisan [navigasi.net] bla…bla..bla berarti anda sudah berada di jalan yang benar. Open-mouthed smile#Alhamdulillah

Kalau anda belum melihat tulisan [navigasi.net] bla…bla..bla berarti instalasi peta navigasi.net ada yang error atau waktu download corrupt. *cuma kejadian ini sangat jarang-jarang terjadi manteman*

Selanjutnya masuk ke menu View – Switch to Product dan pilih navigasi.net

image

Ok, selamat menggunakan peta Indonesia dari navigasi.net! Silakan di zoom out, zoom in, map detailnya, atau query/find

Dari hasil penelitian ini coba-coba ternyata kualitas peta ini tidak kalah dari google maps bahkan untuk wilayah-wilayah terpencil masih ada peta dan informasinya.

Contoh Peta Banda Aceh:

image

Kebetulan aku mau pergi tugas di daerah Kutacane, Aceh Tenggara, maka searching-searching dulu eh google maps citranya saja masih Landsat ternyata di MapSource sudah ada peta jalan-jalanya dan informasi lainnya. Mantap manteman. Bagi aku yang mungkin sering jalan-jalan dinas ke daerah, peta ini bermanfaat sekali. Oh ya, peta navigasi.net ini kadang ada updatenya, silahkan cek ke situs navigasi.net. Sekarang, tak ada lagi istilah malu bertanya sesat di jalan. yang ada malas buka peta sesat di jalan. Hohoho.

Happy Mapping Smile