Eh, ternyata banyak draft tulisan buat blog ini yang belum dipublish… Maka oleh karena itu disini aku/saya/hamba/eike/abdi/aden* mempersembahkan salah satunya…. Sekarangan kita ngomongin IT bro..😀

Lebih baik mencegah daripada mengobati…. (pesan dokter:mrgreen: )

Virus sekarang udah makin menggila… Hampir tiap hari ada virus baru!!! Buat virus tuh sekarang gampang2 susah… Bagi yang ngerti pemrograman cukup buat virus dalam bahasa VB, yang nggak ngerti pemrograman pun bisa buat virus dengan tool Virus Generator… Jadi sekarang gimana cara mencegahnya??? Mencegah sebelum si virus menginfeksi suatu mesin (komputer.red). Nih, kubuat beberapa tips buat mencegahnya (for windows)… Ini berdasarkan pengalamanku aja.. OK..

1. Tampilkan ekstensi (full name) dari suatu file!!

Biasanya orang-orang Cuma nampilin nama suatu file aja, yang membedakannya adalah ikonnya saja. Ini salah besar!!! Ikon bisa aja menipu. Contohnya aja ada file virus yang berbentuk ikon Word. Orang yang tidak tahu bahwa sebenarnya merupakan file *.exe virus akan mengeksekusi file tersebut. Dan akibatnya… Kita telah menginfeksi komputer sendiri… Contoh dibawah:

 image Ganti jadi image 

Nah, disitu jelas keliatan khan kalau ekstensi wordnya benar-benar/pasti/absolutely/definitely *.doc. Bisa aja si virus yang formatnya *.exe menipu kita dengan icon word!!!

Gimana cara supaya full name file dapat dilihat?? Masuk ke folder options – Tab View – Hilangkan centang pada Hide extensions for known file types. Liat gambar dibawah

image

Kotak Dialog Folder Options

Pada bagian ini juga dianjurkan untuk memilih pilihan show hidden files, folder and drives serta menghilangkan centang hide protected operating system files (recommendes) supaya virus yang biasanya beratribut (spasial *halah) hidden bisa keliatan.

Contoh nama file Ihsan ganteng merupakan fakta belaka😀

2. Matikan fitur Autoplay

Flash, CD atau media eksternal lainnnya memiliki fitur autoplay. Dengan fitur autolay ini maka apabila suatu media eksternal dimasukkan maka akan dieksekusi suatu file yang telah didefinisikan di file autorun.inf. agaimana kalo virus memanfaatkan fitur ini?? Virus bisa saja memodifikasi atau mengganti file autorun.inf sehingga ketika media dimasukkan (misal Flash Disk), maka secara otomatis virus akan langsung running dan menginfeksi sistem. Jadi sangat disarankan untuk mematikan fitur autorun di komputer. Khusus Windows Vista dan 7 media eksternal di masukkan, maka akan muncul jendela pilihan “action”. Jadi cukup waspada aja… (kalo pengen lebih aman, dimatikan aja..).

imageAutoplay pada Windows 7

3. Ubahlah ikon standar

Seperti yang dibicarakan di no.1, ikon suatu program, bisa saja menipu (karena pembuat virus biasanya memberikan ikon yang biasanya sering dipakai di windows. E.g ikon Word dan ikon folder). Oleh karena itu, sebaiknya ikon-ikon standar diubah menjadi ikon lainnya. Banyak program yang bisa digunakan untuk mengubah ikon seperti XP-Style atau TuneUp Styler dari TuneUp Utilities. Dengan mengubah ikon, apabila muncul ikon standar di komputer, maka bisa dipastikan itu virus!!!

imageProgram Tune Up Utilities 2010

4. Update Virus Defiition

Yah, ini mah wajib hukumnya!!! Nggak penting makai antivirus terbaru tapi nggak pernah ngupdate… Setiap minggu paling tidak, antivirus sebaiknya diupdate terus. Apabila koneksi ke internet tidak masalah, alangkah baiknya jika setiap hari diupdate

imageContoh update virus definitions pada Norton 360

5. Perhatikan Program Startup

Program start up merupakan daftar program yang akan dijalankan ketika komputer dinyalakan. Bisa running di background, atau muncul di taskbar atau sebagai service. Pantaulah sekali-kali (nggak usah tiap hari), program apa aja yang ada di start up list.

Cara masuknya: Start – Run – Ketikkan msconfig – enter. Maka akan muncul jendela seperti dibawah

image Startup Tab pada System Configuration

Ya, ini dulu deh tips n triknya (berdasarkan pengalaman bertahun-tahun.. huahahahha)… Kalo ada tambahan silahkan……

*aden =saya dalam bahasa minang (agak kasar):mrgreen: