Dulu waktu pertama kali nulis di wordpress, aku pernah nulis tentang IM client di HP, pokoknya program di HP yang fungsinya buat ceting-cetingan ke Yahoo! dll. Ini linknya. Pada postingan yang dulu aku sempat bahas beberapa programnya yaitu ebuddy, shmessenger, YM Tiny, Nimbuzz dan mig33. Diantara program-program diatas alhamdulillah (lohh..) yang udah nggak bisa dipakai cuma satu yaitu YM Tiny

Untuk saat ini, memang diakui bahwa pasar terbesar (cieelah, bahasanya) yang menguasai cetingan via HP yaitu ebuddy, karena ebuddy berformat Java yang memang rata-rata dapat diinstal hampir di seluruh HP

Dulu memang sempat aku memakai berbagai macam IM Client, karena masing-masing memiliki kelebihan dan  kekurangannya. Dalam waktu yang cukup lama, aku memang lebih suka memakai ebuddy karena dulu ebuddy memiliki fitur yang tidak dimiliki IM Client lain yaitu facebook chat

Itu dulu, sekarang kayaknya aku sudah berpindah ke lain hati (playboy ON :mrgreen:), siapkah dia…?? Tidak lain adalah si shmessenger!!! Sama seperti ebuddy, yang berformat JAVA, shmessenger dapat di install hampir diseluruh jenis HP (bukan di semua HP lo, apalagi HP hitam putih…. cape de… :P)

Nah, ada beberapa alasan, kenapa aku makai shmessenger dan menceraikan si ebudy, ini opini pribadi

1. Karena HP ku Nokia 9300.. Hahaha… ini bukan alasan ya…😛. Ini dia si HP yang udah mampus digores (bonus fotoku):mrgreen:

Picture0013

2. Dibandingkan ebuddy, shmessenger jauh lebih kecil memakai resources HP, alias nggak lemot, kalau di HP ku. Kalo loading ebuddy, aku masih sempat ke toilet dulu kencing, trus balik, baru deh si ebuddy kebuka. Tapi kalau HP yang udah canggih sih (baca baru) nggak masalah soal lemot!!

3. Hemat pulsa…. Ini, kayaknya semua orang setuju (yang setuju anggukkan kepala…..). Aku pernah ngukur pemakain bandwidht antara ebuddy dan shmessenger. Hasilnya wewewewewew… Anda pasti suka, pemakaian ebuddy bisa sampai ratusan kilobyte sedangkan shmenssenger cuma puluhan kilobyte. Salah satu biang kerok yang menyebabkan ebuddy boros bandwidth adalah iklan-iklan porno yang muncul (Seperti Gadis Bandung Perawan, Video SMA ABG dll) f**K off ebuddy advertising!!!

4. Nah ini dia fitur ke-4 kesukaanku. Di shmessnger kita bisa menyimpan (archive) ceting yang pernah dilakukan. Oh ya, IM yang didukung oleh shmessenger yaitu Yahoo! (pastinya), GTalk, MSN, dan Facebook (hanya diversi beta). Nah, dengan adanya archive ini, kita bisa liat percakapan yang pernah dilakukan seperti mungkin ada nomor telepon/alamat yang dikasih tau via ceting, bisa diliat kembali. Archive ini dapat dilihat pada webnya seperti gambar dibawah

image

Ceting disensor karena isinya mengerikan…. Huahahaha

Sepengetahuanku archive ini akan disimpan di web nya selama 1 bulan dan setelah itu archive tersebut akan dihapus semua. Nah, selain sisi positifnya, keberadaan archive ini dapat juga berakibat buruk, dan dimanfaatkan oleh orang-orang iseng (baca aku….hohohoh). Apa itu sisi buruknya?? Ah, janganlah di posting disini, blog ku ini nggak berisi hal-hal kayak gitu. Istilah kerennya sih berhubungan ama Social Engineering.  Jika ingin tau PM (Private Message) aja ke YM or FB ku.. Hehehhe…

Oh ya, sampai lupa, kalau mau download shmessnger silahkan menuju webnya di http://www.shmessenger.ro/en_US/ (ingat..ingat.. ini bukan promosi!!!)

Register, trus download. Saranku download yang versi beta v3.1.10 karena udah support facebook chat

Ok, sekian dulu info tech kali ini, Sampai jumpa di lain kesempatan.. Selamat Sore.. Makan J-Co dulu ah… Nyamm…..:mrgreen: :hammer: