April 2010



image

Oke, sekarang kita belajar anataomi tubuh lintah….Ada yang pernah digigit lintah??? Aku pernah 😛 Lintah adalah binatang yang …..Woy….woy.. stop… Baca aja langsung paragraf dua….

Dalam dunia penyedotan atau pendownloadan, istilah leech atau lintah si tukang sedot udah menjadi bagian tersendiri. Kalau dalam dunia torrent (yang bisa dibilang download+upload), leech menjadi komunitas yang dibenci, kenapa?? karena si leech ini kerjanya cuma tukang nyedot tanpa mau ngupload lagi buat yang lain. Munculnya istilah leecher dalam dunia torrent yang menyedot darah seperti lintah.

Namun, kali ini aku tidak akan membahas dunia torrents dengan segala tetek bengeknya (aku juga nggak begitu ngerti sih :mrgreen:). Torrent juga kayaknya belum optimal di Indonesia karena koneksi yang lemote bambangs… 😛 Yang kubahas saat ini adalah direct download yang hidup sejak zaman baheulah internet ada terutama direct download yang menggunakan leech… *loooh…

Q: Berarti download pakai leech nggak disukai donk

A: Bisa iya bisa tidak… Iya, bagi hosting seperti Rapidshare, Megaupload, Hotfile dan teman-teman.. Tidak bagi orang-orang yang suka download like me…. Hohohooh….

Jadi leech apaan donk??

Secara teknis, sih, leech dalam direct download adalah suatu sistem web yang mampu untuk meretrieve file tertentu dalam sebuah filehosting sehingga file tersebut dapat langsung di download melalui leech tersebut tanpa melalui filehosting (Ihsan, 2010). Asik buat definisi ngasal nih.. :mrgreen:

Filehosting >>><<<Leech>>><<<User

Secara sederhana sih digambarkan seperti diatas.. Pasti bingung bacanya…

(lebih…)


image

Biografi atau disebut juga autobiogafi (apa bedanya?? lupa dink :P), merupakan rangkaian cerita tentang seseorang. Seseorang disini bisa siapa saja termasuk diri kita sendiri, bahkan aku sempat berpikir seandainya semua orang membuat biografinya sendiri, semua orang menceritakan kehidupannya, dan saling berbagi kehidupan, alangkah indahnya belajar dari kehidupan dan pengalaman orang lain.

Aku, termasuk salah satu orang yang senang (bukan suka) membaca biografi seseorang. Kubilang senang, karena biasanya aku jarang membeli biografi seseorang, karena biasanya di rumah telah tersedia (baca dibeli Bapak :mrgreen:). Umumnya biografi yang kubaca adalah manusia yang menjadi nomor satu di zamannya, di wilayahnya, dan pengaruh yang luar biasa besar

Salah satu biografi yang mungkin sering kubaca adalah mengenai Adolf Hitler, karena selama ini aku sering berlangganan majalah Angkasa yang memang notabane majalah militer. Di majalah tersebut diceritakan detail bagaimana seorang Hitler dapat menguasai hampir seluruh Eropa, membuat geger dunia, dan memiliki ambisi yang luar biasa. 

Baru-baru ini aku juga membaca (baca gratis di Toga Mas dekat kos :P) biografi orang besar di Indonesia. Beliau adalah Syafie Ma’rif yang dulunya pernah menjadi ketua PP Muhammadiyah. Membaca cerita kehidupan beliau  memberikan energi positif kepadaku yang kalau dibandingkan dengan kehidupanku tidak ada apa-apanya. Ditambah lagi Syafie Ma’rif yang satu kampung dengan keluarga Bapakku, membuatku darahku naik turun membaca biografi beliau. Muncul berbagai macam tanda tanya yang membuatku terhunyuk, salah satunya adalah Apakah aku mampu seperti beliau??

Memang, membaca biografi seseorang dapat menginspirasi kita untuk menjadi manusia yang benar-benar memberikan nilai bagi orang lain, negara, dan bahkan kalau bisa dunia. Cerita kehidupan manusia besar yang pernah hidup di dunia ini tak dapat dihitung, mereka bagai pendongeng yang sukses dalam kehidupan, seolah-olah mereka tak pernah mati tapi hidup di ingatan orang lain. Ini seperti quote yang pernah kubaca di komik detektif (Conan.red) “Walaupun manusia mati, mereka tetap hidup di ingatan orang lain.

Begitupun dengan orang-orang sukses terdahulu, hidupkah mereka di ingatanmu?? dan bisakah dirimu hidup di ingatan orang lain??


Lampu lalu lintas lebay....

Latar Cerita:

Seseorang (cowok) sedang diskusi (baca curhat :mrgreen:) tentang cewek di kosan temannya..

A: “Eh, gimana nih…?? Kira2 dia mau nggak ama aku..?”

T: “Ah, kamu ini lemah banget… Tunggu apa lagi… Dia khan udah ngasih lampu hijau. Lampu nya pakai LED lagi..” :mrgreen:

Tiba-tiba datang si E di depan pintu yang ternyata nguping pembicaraan

E : “Ya iya… Dia emang udah ngasih lampu hijau… Tapi kamu tuh khan BUTA WARNA….!

A dan T : “Gubraaaakk…!!”

Percakapan di atas merupakan kisah nyata dengan perubahan seperlunya 😛


Menyambut hari Bumi tanggal 22 April besok, ada macam-macam kegiatan yang dilakukan agar si bumi kita tetap eksis dan berumur panjang. Nah, salah satunya Yahoo! memberikan tips “hijau” yang dapat membantu bumi kita.

GPL, silahkan ke TKP berikut

http://green.yahoo.com/earthday

image

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disitu ada berbagai macam tip penghematan yang bisa dilakukan di dapur, kamar, halaman, kantor dan lainnya. Contohnya untuk di kantor kita sebaiknya dalam menyampaikan pesan melalui email daripada lewat kertas dan mensetting komputer dalam modus energy saving.

BTW, tanggal 22 kayaknya selain Earth Day, ada hari penting lainnya. Apa ya?? :mrgreen:


Dulu waktu pertama kali nulis di wordpress, aku pernah nulis tentang IM client di HP, pokoknya program di HP yang fungsinya buat ceting-cetingan ke Yahoo! dll. Ini linknya. Pada postingan yang dulu aku sempat bahas beberapa programnya yaitu ebuddy, shmessenger, YM Tiny, Nimbuzz dan mig33. Diantara program-program diatas alhamdulillah (lohh..) yang udah nggak bisa dipakai cuma satu yaitu YM Tiny

Untuk saat ini, memang diakui bahwa pasar terbesar (cieelah, bahasanya) yang menguasai cetingan via HP yaitu ebuddy, karena ebuddy berformat Java yang memang rata-rata dapat diinstal hampir di seluruh HP

Dulu memang sempat aku memakai berbagai macam IM Client, karena masing-masing memiliki kelebihan dan  kekurangannya. Dalam waktu yang cukup lama, aku memang lebih suka memakai ebuddy karena dulu ebuddy memiliki fitur yang tidak dimiliki IM Client lain yaitu facebook chat

Itu dulu, sekarang kayaknya aku sudah berpindah ke lain hati (playboy ON :mrgreen:), siapkah dia…?? Tidak lain adalah si shmessenger!!! Sama seperti ebuddy, yang berformat JAVA, shmessenger dapat di install hampir diseluruh jenis HP (bukan di semua HP lo, apalagi HP hitam putih…. cape de… :P)

Nah, ada beberapa alasan, kenapa aku makai shmessenger dan menceraikan si ebudy, ini opini pribadi

1. Karena HP ku Nokia 9300.. Hahaha… ini bukan alasan ya… :P. Ini dia si HP yang udah mampus digores (bonus fotoku) :mrgreen:

Picture0013

2. Dibandingkan ebuddy, shmessenger jauh lebih kecil memakai resources HP, alias nggak lemot, kalau di HP ku. Kalo loading ebuddy, aku masih sempat ke toilet dulu kencing, trus balik, baru deh si ebuddy kebuka. Tapi kalau HP yang udah canggih sih (baca baru) nggak masalah soal lemot!!

3. Hemat pulsa…. Ini, kayaknya semua orang setuju (yang setuju anggukkan kepala…..). Aku pernah ngukur pemakain bandwidht antara ebuddy dan shmessenger. Hasilnya wewewewewew… Anda pasti suka, pemakaian ebuddy bisa sampai ratusan kilobyte sedangkan shmenssenger cuma puluhan kilobyte. Salah satu biang kerok yang menyebabkan ebuddy boros bandwidth adalah iklan-iklan porno yang muncul (Seperti Gadis Bandung Perawan, Video SMA ABG dll) f**K off ebuddy advertising!!! (lebih…)


free counters


Beberapa minggu yang lalu, aku mendapat istilah baru seperti yang kutulis diatas judul postingan. Istilah ini kudapat ketika kuliah Aspek Legal Spasial yang secara umum membahas tentang pertanahan dan tetek bengeknya.

Sebenarnyta istilah diatas sama sekali nggak ada hubungan ama kuliah yang kuambil, namun karena Sang Dosen sangat pandai bercerita (aku lebih cenderung bilang kalau Sang Dosen kaya akan pengalaman dan pengetahuan), Sang Dosen mengutarakan pengalaman dan opini pribadinya.

Ya, transfer of knowledge atau transfer ilmu dalam Indonesia adalah proses bagaimana ilmu dapat dipelajari dan dikembangkan lebih lanjut, Dalam hal ini, aku membatasi transfer ilmu dalam perkuliahan.

Sang Dosen pun berpendapat bahwa transfer dapat terjadi dengan lancar jika kedua belah pihak konek dan tidak terdapat barrier yang mengganggu transfer tersebut. Jika hal ini terpenuhi, maka dalam proses transfer bit-bit ilmu akan diterima secara utuh oleh mahasiswa

Namun, bagaimana kalau salah satu pihak tidak dapat mengkonekkan dirinya, inilah yang sering terjadi. Ilmu tersebut tetap ditransfer namun, ditengah jalan hangus, hilang, musnah.

Aku contohkan keadaan ekstrim ketika mahasiswa yang secara anarkis melempar kampusnya sendiri. Itu sama aja dengan menghancurkan medium transfer ilmunya, sama aja cinta terhadap ilmu sudah tidak ada, dan sama aja dengan preman pasar yang tahunya bikin keributan. Apalah artinya kuliah yang dibiayai mahal-mahal jika cinta terhadap kampus sudah tidak ada. Mana ada transfer ilmu terjadi. Untuk dapat ilmu di kampus, cintailah kampus dulu, cintailah lingkungannya dan cintailah dosennya.

Dari sisi dosen, dosenpun harus mencintai kampusnya, lingkungan, dan mahasiswanya, jangan menjadikan kampus sebagai ladang mencari uang dengan berbagai macam penlitian yang menghabiskan dana. Memang benar, penelitian menjadi satu keharusan dosen sehingga sebagai salah satu pengabdian ke masayarakat, namun jangan lupakan juga mahasiswa. Tak jarang, kadang aku temui kuliah yang kosong dan parahnya kadang tidak diganti hari lain. Apakah ini karena dosen sibuk dengan dengan penelitian atau yang lain?? I don’t know..

Yap, transfer of knowledge antara mahasiswa dan dosen harus harmonis, Dosen dan mahasiswa harus tahu hak dan kewajibannya masing-masing. Mahasiswa tahu diri dan dosen pun tahu diri!

Laman Berikutnya »