Kalo ngomong2 soal nge-hack biasanya yang kebayang penjahat yang suka ngerusak komputer. Ya, persepsi itu g salah juga sih, tapi kurang tepat karena istilah “hack” bisa mengacu juga kepada ahli security ama IT Professional.

Sebenarnya sangat luas istilah hack tersebut. Pada kasus yang dibahas saat ini adalah nge-hack kamera digital, atau simpelnya memodifikasinya sehingga dapat meningkatkan kemampuannya. Dalam kasus ini yang di-hack adalah kamera digital merk Canon.

Gimana caranya:
Yap, dengan menggunakan CHDK (Canon Hacker’s Development Kit). Ini merupakan suatu software untuk menigkatkan performa camdig Canon. Menurut situsnya, CHDK tidak akan merusak kamera digital, dalam hal ini firmwarenya. Apa itu firmware? Baca disini.

Dengan CHDK, kamera yang awalnya memiliki fitur standar dapat memiliki fitur yang hampir setara dengan kamera-kamera profesional. Contoh fitur yang didapat seperti:
– RAW Image
– Override parameter seperti ISO, Shutter Speed, aperture
– Live histogram (buat ngeliat over-exposure ato under-exposure)
– Zebra mode (kalau tanpa CHDK cuma bisa diliat setelah capture)
– DOF Calculator
– File browser
– Text reader (*.txt only kayaknya)
– Ini yg unik: GAMES
dll…..

Kamera yang didukung oleh CHDK sebagian besar adalah kamera Canon Seri Axxx ato seri powershot dan Seri SD (IXUS). Nah di situsnya silahkan cek apakah kamera yang anda miliki telah di support oleh CHDK. Kalo belum ditunggu aja releasenya :p

Kalo kamera anda mendukung CHDK (punyaku Powershot A590IS, jadi support), silahkan langsung menuju TKP untuk mendownloadnya.

Setelah itu anda juga perlu mendownload Cardtricks, bisa juga langsung kesini untuk memformat SD Card. Caranya memakai Card Trick Bisa dibaca disini.

Disana ada keterangan lengkap cara memakai cardtricks dan memasukkan file CHDK ke SD Card (kayaknya MMC nggak bisa dipakai). Setelah selesai, jangan lupa memindahkan posisi CD Card ke posisi LOCK.

Ok, selamat memakai kamera biasa dengan fitur wah….
Pengen tau cara makai kamera yang udah diisi dengan ilmu CHDK..??
Baca aja disini.. Bahasa inggris sih..😀