ATI Logo

Jika anda membeli laptop yang memakai kartu grafik ATI maka kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan fitur ATI Catalyst yang biasanya ada pada kartu grafik ATI versi desktop. Beberapa vendor meminta ATI untuk tidak memberikan support pada produk mereka. Laptopku yang bermerk ACER dengan seri Aspire 4920G juga merupakan korban vendor. Aku sendiri tidak tahu alasan vendor untuk tidak menginginkan support langsung dari ATI /AMD (sekarang ATI sudah dimiliki AMD). Apa akibatnya?? Akibat yang paling jelas adalah kita tidak bisa meng-update driver terbaru apabila ATI meluncurkan driver barunnya. Jadi satu-satunya cara untuk meng-update driver ATI adalah dengan menunggu masing-masing vendor mengeluarkan update-tannya.

Aku sendiri telah mencoba meng-update dari situs AMD/ATI tapi hasilnya nihil. Drivernya tetap tidak terinstall (ATI Catalyst nya nggak terinstall). Akupun mengecek ke situs ACER, namun disitus itupun tidak ada update tan terbaru (tentu saja walaupun ada update-tan tapi tidak ada ATI Catalystnya). Pengalaman terburukku yaitu waktu aku tidak bisa memainkan Game Half Life 2: Episode 2 (HL2EP2), padahal di laptop temanku yang sama-sama ATI, game itu lancar-lancar saja. Baca di postingku yang ini. Baru-baru ini juga temanku Krisna nyoba nginstall game GRID di laptopku. Namun yang terjadi adalah bagian yang ada gambar (baca: grafik) malah gelap, cuma ada ada menu di bagian bawah… Hiks..hiks..

Akupun penasaran, kenapa ini bisa terjadi?? Mahal-mahal beli laptop kok hasilnya nggak max.. (mahalkah?? He..he..) Rugilah awak!!! Akupun berinisiatip (bukan p, tapi pake f harusnya….) nanya-nanya ke si Internet (baca: Google). Aku nyari di forum-forum, kali aja ada driver modifikasi yang bisa dipake, atau ada cara buat nginstall ATI Catalyst di laptopku. Nyari-nyari… Nah, akhirnya aku tertarik pada satu situs yaitu driverheaven.net!!!

Baca-baca disitus itu ternyata…. GREAT!!! I found it!! Jadi gini, di situs ini ada satu program/tool yang namanya DH Mobility Modder.Net. Nah fungi tool ini yaitu memodifikasi driver resmi dari AMD/ATI sehingga dapat diinstall di laptop (laptopku tentunya juga bisa!). Jadi dengan tool ini ATI Catalyst dapat diinstall di laptop. Untung juga tool ini sudah support Windows Vista yang kupakai.

Untuk makai program ini gampanglah… Tinggal ikuti petunjuk di situs itu. Aku malas ngetik ulang (translate ke Indonesia) jadi baca aja di situsnya ya…. He…he..:mrgreen: Nih, baca aja dan download toolsnya disini. Toolnya kecil kok, Cuma 1,62MB. Disitus ini terdapat daftar Kartu Grafik ATI yang bisa dipakai dan program lain yang dibutuhkan. Khusus pengguna XP diwajibkab install MSXML 6.0, untuk Vista nggak usah. Program ini ternyata juga bisa buat nambah memori kartu grafik (kalo menurutku mungkin ngambil dari RAM utama dengan teknologi Hyper Memory-nya ATI).

Hasilnya… Wow!! ATI Catalyst-nya sekarang udah terinstall dan game GRID tadi yang masih gelap gulita sekarang udah muncul gambar mobilnya (Game GRID merupakan game balapan..). Tapi untuk game HL2EP2 belum kucoba.. Malas nginstall..😆 Tapi aku yakin udah grafiknya juga udah baik.

*OEM = Original Equipment Manufacturer

Source:driverheaven.net