Ini juga termasuk postinganku seri long story.. Mohon siapkan cemilan dulu… he..he..

Akhirnya setahun sudah berlalu tanpa kehadiran kamera digital pertamaku si Canon Powershot A430 yang telah R.I.P alias rusak untuk stil image (baca poto). Padahal telah banyak kenangan kita bersama dan mungkin kenangan kameraku dengan orang-orang yang meminjamnya (sebenarnya sih, kameranya yang nyimpan kenangan kita dalam poto.. tul nggak..). Ya, setelah setahun tanpa kamera yang kusebut produk gagal. Terakhir kali aku memakainya yaitu pas waktu survei pertama Kemah Kerja 2007. Kusebut produk gagal karena aku menemukan 6 orang temanku dengan kamera yang sama memiliki kerusakan yang sama. Kameranya si Susi, Ayu, dan Yosi rusak waktu KKN, kameranya Nisa dan Halwan (teman KKN ku juga, tapi rusak sebelum KKN), dan terakhir kameranya si Ndut alias Farid yang juga telah menemui ajalnya!!!

Nah, setelah lama nggak najis-najisan (istilah lainnya narsis!!) dengan kamera, aku pun punya keinginan lagi buat beli kamera baru. Awalnya sih, aku pengen minta duit buat beli, tapi nggak enak aja mintanya. Ya, Bapakku juga bilang khan masih bisa dipake (walaupun hasilnya jelek dan Bapakku juga nggak tau masalah rusaknya…). Ya… Akupun manut… setahun tanpa kamera. Setahun pun berlalu….

Nah, kemaren ini (awal bulan Mei), aku pulang ke Padang (rumahku..eh, rumah orang tuaku..:mrgreen: ). Waktu pulang, aku juga bawa kameraku yang rusak itu, kameraku itu kutarok aja di rumah karena emang aku nggak mau bawa ke Jogja lagi. Selama ini juga kameranya kusimpan aja, sampe baterainya berubah warna..!! Daripada nggak kepakai di Jogja, tarok aja dirumah.. (tapi bukan berarti rumahku jadi tong sampah barang elektronikku.. selama ini laptop dan PC + sepedaku udah ku lempar ke rumah ..heheheh..).

Waktu aku udah balik ke Jogja lagi, entah ada angin apa, tiba2 tiba waktu aku chatting adekku si Ninda muncul. Begini ceritanya di YM! (langsung ku translate ke Indonesia)

Ninda : BUZZ!!

Aku : BUZZ!! Juga

Ninda : Bang..??

Aku : Apa??

Ninda : Bang, kamera Ninda Abang ambil aja ya… ??

Aku : Hah!! Nggak ah.. Kurang suka Abang kameranya??

Ninda : Heh,.. Ambil aja ya Bang..

Aku : Nggak.. nggak. Abang nggak suka merk BenQ

Ninda : Ambil aja, ntar Inda mau beli kamera baru..

Aku : Oooo, gitu.. Abang juga mau beli kamera baru Nda

Ninda: Ambil aja

Aku : Nggak..

(sampai berapa kali adekku ngerayu-rayu aku.. tapi jawabanku tetap nope.. <Abang yang jahat.. Huahahaha..>)

Ninda : Boleh nggak Abang ama Papa beli kamera baru??

Aku : Boleh… (Padahal waktu itu aku belum nanya ke Bapakku..)πŸ˜†

Akhirnya setelah itu adekku pun menyerah. Ninda’s mission failed!!!

Baru-baru ini ada pameran komputer di JEC (11-15 Mei). Rencanaku mau beli kamera disana. Beberapa hari sebelum beli kamera, Ibuku nelpon aku (biasalah… Ibuku nanya-nanya keadaan, dan Skripsiku… Waduuuhh…). Sekalian waktu itu aku juga nanya rencana mau beli kamera… Wow, ternyata sesuai harapan. Surat izin untuk pembelian kamera dikeluarkan.. Oke deh… Thnx my Mother. Beberapa hari kemudian Bapakku juga nelpon (dengan pertanyaan yang hampir sama). Aku pun juga nanya tentang mau beli kamera. Yup, Access Granted… Sip. Mungkin Orang Tua ku mikir butuh kamera buat skripsi… Mungkin.. Ya, Aku juga nggak tau, nantinya butuh kamera ato nggak waktu skripsi (judul aja nggak jelas!!)

Survei pun Dimulai (dgn backsound SILET!! Teng..teng..tung..)

Aku survei kamera merk Canon.. Walaupun kemaren aku make produk gagal Canon, aku masih percaya pada Canon (Maaf buat merk, S***, N****, O******, dll heheheh..). Satu fitur yg unik kutemui di Canon (aku belum nemu di merk lain..) yaitu Auto Rotate. Pada kamera ini, fitur Auto Rotate nya kesimpan di metada EXIF nya, sehingga jika poto dilihat pada program yang support EXIF (seperti ACDSee), poto tersebut akan terlihat sesuai orientasi waktu gambar diambil.

Selama survei di internet di berbagai macam situs, aku buat syarat sendiri untuk kamera yang kupilih yaitu:

  1. Prosesor DIGIC III
  2. Ada Auto Focus (AF) Face Detection
  3. Harga dibawah 2 jute….
  4. Baterainya tipe AA
  5. Memori penyimpanan tipe SD/MMC
  6. Tambahan : Kalo bisa ada fitur IS (Image Stabilizer)

Setelah survei di situs canonusa, aku nemu beberapa merk yang sesuai, Ada PSA 470, PSA 590 IS, dll. Namun setelah tengok sana, tengok sini, ngintip sana, ngintip sini, aku pun menetapkan pilihan. Pilihan yang kupilih yaitu Canon Powershot A590 IS!!! Sip lah..

Pameran hari pertama pun datang, rencananya aku mau datang malamnya, tapi karena ada urusan lain aku nggak jadi berangkat malam itu. Kuputuskan aku ke pameran hari kedua (pagi jam 10). Sampai disana, wow.. tiket udah ngantri. Masuk ke pameran,.. biasalah.. Ambil brosur, liat-liat “produk baru” (bisa macam-macam produknya..hohoho..). Akupun nanya berbagai macam toko yang jual kamera pilihanku. Harganya pun bermacam-macam. Tapi setelah keliling aku dapat toko yang ‘cukup’ murah (kalo nggak salah 1,8 jt). Tokonya IT Store (aku nggak promosi lho..). Tapi pada hari itu aku nggak beli, cuma survei aja. Duit juga nggak bawa.

Karena beberapa hal, aku akhirnya ke pameran hari terakhir (Hari Minggu). Sebelum ke pameran, ke ATM dulu ambil duit loro jt. Sampai di pameran, ya keliling bentar. Selama keliling aku ketemu Si inisial T (teman kampus… Anak Geodesi ’04 pasti tau siapa dia.. J). Ngapain si Mr.T?? waktu itu aku ke Red Rocket (Stand suatu Toko Komputer), aku liat orang lagi maen game Assasin Creed. Nah, waktu kulihat orangnya.. Si Mr. T itu…. hahahaha.. Aku sih Cuma liat dia dulu, belum negur. Nggak enak, ntar ganggu orang nge-game. Setelah dia puas main, kusamperin dia.. Dia ternyata udah dari tadi main itu. Dia ke pameran beli RAM buat PC. Tapi setelah itu akupun jalan ama dia, waktu di toko lain, diapun mau nyoba game lain… weleh..weleh.. Nih, orang maniak game… Wah, karena dia lama main, kutinggalin aja… hehe..hehe.. Sori ya.. J

Akupun ke toko IT Store.. ternyata Mak… kok rame… Hah!!.. Malas.. Akupun keliling2 pameran aja nunggu kosong. Waktu ke toko itu lagi.. Duh.. Masih rame.. ya udah, jalan2 lagi. Kali ini aku beli Cool Pad buat laptop. Ke IT Store lagi… Masih rame….rame..rame.. Capek jalan-jalan, akupun sekarang nungguin di IT store. Nunggu orang selesai beli. Akhirnya tibalah saatku untuk dilayani ama Mbaknya (maksudnya dilayani buat beli.. jangan ngeres!!). Kutanyain PSA 590 IS. Kameranya pun diambil dan akupun tes kameranya.. Jepret sana.. Jepret sini.. Jepret wajahku (nggak dink..he.he..). Kutanyain harganya dan nggak berubah. Mbaknya pun ngasih saran kalo pake Case, Memori 1GB, Baterai+charger, LCD Protector dll harganya jadi 1,9xx jt. Oh, boleh juga pikirku. Kutanyain aja kalo memori 2GB jadi berapa?? Jadi 2 juta pas katanya.

Sip, I Take it. Akhirnya kamera kutes lagi, Mbaknya masang LCD protector dan kamerakupun kubawa pulang (setelah bayar dulu pasti:mrgreen: ). Diluar pameran ngisi kuis belanjaan dulu (minimal belanja 500 ribu dan kelipatannya). Pulang!

Di kos ngetes kamera (ke wajahku pasti lah..), nyoba fitur, baca manual, nyoba-nyoba transfer poto dll. Ok menurutku kameranya. Settingannya cukup banyak. Tiga hari kemudian sepupuku dan teman2nya ke Jogja, kuajak jalan2 ke Vredeburg dan Malioboro sekalian ngetes kameraku di luar dan beberapa hari yang lalu poto2 di Happy Puppy.. hehehe. Yap, hasilnya baguslah waktu kulihat di laptop.

Ok deh.. Akhirnya I have new camera. I’ll protect you now. Definitely!!! (gaya..)

Bagi yg mau minjam sekarang dikenakan charge.. hahahaha

*bagi yang nggak tau istilah diatas seperti EXIF, DIGIC, IS dll silahkan dicari aja di Google ato baca di Wikipedia.. J

Moto Pake Webcam dan waktu di Happy Puppy