It start with…

One thing, I don’t know why
It doesn’t even matter how hard you try
Keep that in mind i designed this rhyme
To explain in due time
All I know…

Yo, everytime I listen this song, I remember 6 years ago…
What’s that..?? (cukup bahasa Inggrisnya…. ntar salah grammar lagi..):mrgreen:

Ini salah satu postinganku yang panjang.. Dianjurkan siapkan cemilan sebelum membaca…

Jadi gini, dulu waktu kelas 1 SMA akhir Caturwulan III (dulu masih sistem Cawu) mau diadakan acara perpisahan buat kakak-kakak kelas III. Jadi, setiap kelas diwajibkan memberikan sumbangsihnya. Mau performa apa, terserah, asal nggak bertentangan dengan nilai-nilai luhur Pancasila… (cailah,, bahasanya…).

Karena waktu itu lagi musim ngeband, jadi kelas ku pun (Kelas 1.1) mau unjuk performa ngeband gheto loh… Dulu aku anak band lho… Sering nonton band-band an, kalo teman mau kestudio aku ikut2an megang apapun (walau nggak bisa kecuali Mic), teriak2 nggak jelas di studio dll… (hahaha.. Masa lalu yang aneh,,,).

Aku sih oke-oke aja kelas ku mau performa apa yang jelas ntar aku pasti nonton. Akhirnya diambil beberapa teman kelas yang bisa megang alat musik buat bawain satu lagu untuk perpisahan nanti. Kalo nggak salah lagunya /RIF (aku agak lupa..). Untuk performa band, maka akan diadakan seleksi terlebih dahulu, apakah layak untuk tampil atau tidak. Jadi sekitar 1-2 minggu sebelum seleksi anggota band dari kelasku pun latihan distudio musik.. Aku kadang ikut2an lihat mereka latihan.

Nah, setelah beberapa waktu latihan, ternyata teman2 merasa performa masih kurang. Aku sendiri juga nggak tau kenapa. Mungkin belum menyatu aja atau apalah… Salah satu teman kelasku namanya Fauzan (panggilan krokodil…), ngasih saran gimana kalo lagunya diganti aja. Teman-teman yang lain juga bingung mau ganti ato tidak. Yang jelas waktu udah mepet sebelum hari seleksi datang.

Tiba-tiba aja temanku (si Krokodil), ngasih usul…

Krokodil : “Woi, ba’a kalau awak baok lagu Linkin Park? Khan si Bendot (maksudnya aku) ko hapal lagu-lagunyo ma”(Woi, gimana kalo kita bawa lagu Linkin Park? Si Bendot khan hafal lagu-lagunya)
Aku        : (dalam hati udah bad feeling)
Teman    : “Yo, ndak ba’a juo do. Tapi bendot nyo nio ndak?? “(Ya, nggak pa pa. Tapi Bendot-nya mau nggak??)
Aku : (Tada…)
Krokodil  : “San, nio ang ndak baok lagu Linkin Park??” (San, mau nggak kamu bawa lagu Linkin Park
Aku         : “Hah!! Kok, tibo2 jadi aden, bukannyo kalian lah ado lagu??” (Hah!!, kok tiba2 jadi aku, bukannya kalian udah ada lagu??)
Krokodil  : “Ado masalah stek, wak baok se In The End ba’a?? Wa’ang khan hapal lagu tu ma, khan ado lo si Reno yang be’ko jadi suaro Chester, wa’ang Mike Shinoda.. “(Ada masalah dikit, kita bawa aja In The End gimana?? Kamu khan hapal lagu itu, Khan ada si Reno yang ntar jadi suara Chester, kamu Mike Shinoda
Aku         : “Ha.. Waktu tingga saketek lai, ba’a lo kok aden tibo2..?? “(Ha, waktu tinggal dikit, kok aku tiba-tiba)

Akhirnya setelah perdebatan panjang (kira-kira 10 menit…hehehe..), ya.. dengan terpaksa (padahal senang,,,) aku nerima ajakan mereka. Waktu seleksi adalah hari Sabtu dan sekarang adalah adalah hari Kamis, jadi Cuma tinggal dua hari untuk latihan. Saking pengen latihannya, akhirnya akupun dan teman band bolos sekolah dari jam 10… (It’s the first time… Aku bolos dari sekolah..). Dan teman2 sekelaspun mendukung.. Ini demi nama kelas!!!

Hari Kamis
Mulailah latihan.. Aku yang bagian Rap-nya dan temanku Reno bagian teriak-teriknya…. Huehehehe.
Kalo nggak salah formasinya:
Reno: Vokal
Ihsan: Vokal (rap)
Fauzan: Gitar
Sabda: Bass
Budiman: Drum
Sori aku lupa temanku satu lagi yang megang gitar.. (maaf ya..). Pokoknya formasi nya kayak Linkin Park lah (6 orang) kecuali nggak ada yang megang Turntables (DJ… cikicikicik, Ampun Dije..)

Hari Sabtu pun datang.
Seleksi pun dimulai siangnya habis sekolah di studio musik yang sudah disewa sekolah. Kalo nggak salah dulu jurinya Guru Kesenianku dan beberapa anak kelas III. Selama menuggu… walah.. aku udah deg degan sendiri (dasar Ihsan panikan..hehehe). Akhirnya datang panggilan untuk performa kelasku, kelas 1.1. Yoi, mulailah intro khan In The End dimulai ama si Krokodil.. It Start with…..
In The End…. (ya pokoknya aku semaksimalnya di seleksi ini…!!!)

Hasil seleksi pun diumumkan (aku lupa entah hari itu juga atau disekolah.., soalnya perpisahannya hari Senin jadi mungkin hari itu pengumumannya). Kalo kulihat sih, semuanya lulus aja.. Jadi buat apa seleksi.. Ato formalitas aja.. TANYA KENAPA???

Hari Mingggu
Aku ingat aku sampai beli kostum buat performa hari senin.. Jujur aja, aku kayaknya dulu student bgt.. Sampai2 hampir semua bajuku itu baju kemeja. Jadi hari Minggu,aku ama si Denni (How are U Den??) pergi ke plaza yang terkenal di Padang.. (nggak ada mall, sampe sekarang…hahahaha), Minang Plaza. Aku berencana buat beli kaos aja… Di dalam plaza ketemu ama teman sekelasku si Rima. “Hoi San, ndak latihan kini..??” (Hai, San, nggak latihan kini). Aku pun jawab “Ndak.. alah cukuik bantuaknyo..” (nggak udah cukup kayaknya). Hahaha.. Aku jadi terkenal ama teman sekelas.. Tumben2an.. Biasanya aku khan nggak banyak omong… (sok2 an si Ihsan ini..). Keliling2 ama si Deni, akhirnya kubelilah, kaos bergambar Spiderman!!.. maklum Spiderman lagi booming waktu itu.. (makasih nemenin aku waktu itu Den..).

Hari H pun datang (Hari Senin)
Dengan kaos yang telah dibeli, akupun berangkat ke acara perpisahan (di Gedung Budaya, pinggir pantai Padang..). Jam 7 aku udah datang. Sampai disana ketemu Krokodil ama teman2 yg lain. Acara mulai jam 8. Acarapun dimulai, ada pembukaanya macam2 lah..

Disini pun terjadi hal mengejutkan. Ternyata kelasku yang harus tampil pertama (mungkin urut dari kelas 1.1, 1.2 dan seterusnya..) waduh.. kiraian di acak.. Nah, masalah lain pun muncul.. si Krokodil menghilang!!!!! Wa… matilah awak!! Teman2ku pun nyari kemana tuh anak. Yang bawa acara pun ngomong, kalo nggak tampil sekarang, maka akan dibatalkan. Akhirnya diambil solusi cerdas (Cerdaskah???) Temanku Zul, yang juga bisa main gitar diambil untuk gantiin si Krokodil. Dia pun muali ambil gitar dan tes gitar… Nah…. 1 menit kemudian si Krokodil nongol!!! Langsung aja temanku hardik dia..”Woi … capeklah, kelas awak duluan!!” (Woi, cepat, kelas kita dulan). Si Krokodil jawab “Sori, tadi pai makan” (sori tadi pergi makan)… tetetetet…

Okeh.. Dimulailai performa kelasku dengan lagu In The End.. Aku jingkarak2 nggak jelas.. (kalo kuingat.. aku malu sendiri..). Empat menit, akhirnya selesai sudah performa kelasku. Appalause pun datang.. Wah.. Bangga juga dikit!!! . Latihan yg Cuma dikit, akhirnya dibayar juga disini… Acara perpisahan pun dilanjutkan dengan performa kelas lain, baca puisi, nari.. macam2lah… Selesai tampil aku ke belakang, ke pinggir pantai.. Nikmari angin laut yang berembus semilir….

Beberapa hari kemudian, temanku si Arif (di panggil Tagok..) manggil aku..”Woi… Mike Shinoda datang..”. Sialan, ini ngejek ato muji kataku… Sampai2 beberapa teman dekatku manggil bendot Mike Shinoda, trus dilanjutkan dengan “It start with…”.. wahhhh.. Gila aku..!!

Sampai sekarang pun kadang kalo temanku ingat itu, langsung cerita performa ku yang jingkrak2 ….hahahaha… But no problem. This is part of my life..

I try so hard
And got so far
But in the end
It doesn’t even matter
I had to fall
And lose it all
But in the end
It doesn’t even matter
(Linkin Park – In The End)