Saat ini chatting via Hape kian membooming. Kalo dihitung secara rupiah memang biaya yang dikeluarkan sangat murah apalagi tarif volume base GPRS yang dikeluarkan sangat murah (contoh biaya GPRS IM3 Rp.1/kb.. bukan promosi🙂 ).


Otomatis saat ini banyak bermunculan IM client alias software buat chatting di HP. Ada Yahoo!Go, YM Tiny (buatan Indonesia), shMesssenger, ebuddy, Nimbuzz, mig33 dan lainnya… Syarat pemakaian software ini adalah Hape yang digunakan makai OS Symbian ato support Java (nama kerennya J2ME=Java 2 Micro Edition).
Baik kita mulai aja komparasi beberapa IM Clients:
1. YM Tiny

YMTiny

YM Tiny adalah program IM yang hanya mensupport Yahoo! account. Cukup download, install lalu masukkan username dan password anda akan langsung terconnect ke yahoo.
Software ini dalam hal loading cukup cepat (aku make Nokia 9500 Communicator) dan cukup stabil (jarang DC=Disconnect). Tapi dalam hal user interface kurang begitu memuaskan. Dalam pengalamanku, untuk berpindah antara user yang satu dengan yang lain cukup sulit. Mungkin yang perlu kita banggakan disini adalah YMTiny merupakan produk dalam negeri. Buatan Putra Indonesia getho loh.. he..he..
Situs Resmi: http://orisinil.com/ymtiny/

2. eBuddy

ebuddy
eBuddy memiliki fitur yang hampir sama dengan YMTiny, Cuma disini memiliki fitur tambahan yaitu conversation. Dalam hal user interface cukup bagus dan mudah untuk berpindah antar user. Program ini mendukung account, Yahoo!, Google, MSN dan AOL (sampai tulisan ini ditulis) yang merupakan nilai plus. Salah satu kelemahannya yaitu program ini tidak bisa untuk mengirim message jika yang dituju dalam mode offline atau invisble. Dalam hal loading, juga agak terlalu lama.
Situs resmi :http://www.ebuddy.com
3. shMessenger

shMessenger
Aku mendapat program ini dari salah seorang temanku Nokie Pada awalnya aku udah memakai IM lain, namun karena pengen nyoba, aku install juga di Hapeku. Secara keseluruhan fitur yang dimiliki program ini cukup bagus yaitu bisa offline message, send file, capture poto dari camera dan Buzz!.. He..he.
Salah satu fitur unik yang dimiliki software ini adalah kemampuan untuk Spy. Jadi kita dapat mengetahui apakah seseorang memang benar-benar offline atau dalam mode invisible. Setahu ku Yahoo! Messenger tidak memiliki fitur ini. Nilai minus yaitu kita harus mempunyai account pada situs ShMessenger untuk login dan tidak mendukung conversation. Khusu pada HP Communicator 9500 ama 9300 (yang kucoba) shMessenger memiliki error pada tampilan yang kadang menggangu.
Situs resmi : http://www.shmessenger.ro
Download via WAP : http://www.shmessenger.ro/wap
4. Nimbuzz dan mig33
Program ini memiliki kemampuan yang tidak dipunyai IM seperti yang disebutkan diatas. Program ini memiliki room yang memungkinkan kita masuk ke suatu room. Kita pun dimungkinkan membuat room sendiri baik yang bebas maupun privat. Jadi bisa dikatakan mirip Room yang ada di Yahoo! Messenger. Program ini tentu saja bisa digunakan untuk login ke account, Yahoo!, Google, MSN. Fiturnya seperti, send file, poto, conversation. Tapi minus offline message.
Hati-hati memakai software ini..?? Kenapa?? Karena dalam suatu room aliran data biasanya sangat banyak dari pengguna-pengguna yang mengirim message. Akibatnya ya… Pulsa yang juga cepat menipis karena GPRS/3G/3.5G (HSDPA) memakai sistem volume base walaupun ada juga beberapa yang memakai time system.
Situs remi: mig33, nimbuzz

Sebenarnya ada beberapa software lagi seperti Fring (hanya support 3G karena bisa VoIP), Verichat, dll.
Sekian dulu review beberapa IM clients untuk Hape. Kalau ada software lain yang menarik bisa kirim message aja biar kucoba….