Disini aku mau sedikit review tentang Nokia C6-00 yang biasa disingkat Nokia C6 atau C6 aja. Berhubung mantan hapeku Nokia 9300 udah agak uzur dan berubah fungsi jadi puzzle interaktif di keypadnya dan juga karena mendapat Supergape (Surat Perintah Ganti HP :P) dari bokap a.k.a Pa’ Novirman maka setelah browsing sana-sini terpilihlah si C6 ini sebagai pengganti si 9300. PS: C6 ini baru rilis seminggu yang lalu lo :mrgreen:

IMG_9083Si Puzzle Keypad 9500 :P         

C6 ini satu dari 3 HP yang dikeluarkan nokia untuk social networking. Dua HP  lainnya yaitu Nokia C3 yang sedang booming sekarang (mudah2an C6 juga booming) dan Nokia E5 yang mungkin bentar lagi akan dirilis. Kenampakan dari C6 ini mirip dengan Nokia N97 atau N97 Mini, bahkan ada yang mengatakan C6 ini versi murah dari N97 :D. Kalau N97 slidingnya akan membentu sudut sekitar 45 derajat, si C6 ini slidingnya lurus.

 IMG_9084IMG_9086

C6 with stylus dan Box nya

Untuk spek utamanya

OS V9.4 Symbian Series 60 Release 5 (OS Nokia untuk HP touchscreen)

ARM 11 434MHz Prosesor, 128MB RAM, Internal memory 240, ekternal bawaan 2GB (bisa di upgrade hingga 16GB),

Camera 5MP, HSDPA, GPS, WLAN b/g, GPS, FM Radio

Qwerty keyboard dan touchscreen

Untuk detailnya buka gsmarena aja

PENAMPAKAN

Nah, kesan pertama tampilan luar waktu melihat HP ini yaitu mirip dengan Nokia 5800XM yang juga touchsreen. C6 ini disisi sebelah kanannya memiliki tombol volume, lock phone (sistem slide),  dan kamera dan disisi kiri terdapat lubang untuk micro SD. Dibawah layar sentuh terdapat tombol hijau (menerima panggilan), tombol menu dan tombol merah (reject panggilan). Tombol reject juga difungsikan sebagai tombol on/off.

Pada waktu pertama kali dinyalakan akan muncul logo Nokia (ya iyalah, yang orang salaman) dan setelah proses loading selesai muncul berbagai macam Widget (Nokia menyebutya content dan shortcut). Content ini bisa diibaratkan seperti jendela kecil aplikasi tertentu seperti facebook dan mail yang isinya dapat berubah, dan shortcut…. ya shorcut alias jalan pintas ke aplikasi yang disetting :P

MXCapture

Layar Utama C6

Sekarang kita masuk ke bagian keyboard qwerty nya! Tata letak keyboard dibagi menjadi 2 bagian yaitu dari Q-W-E-R-T-Y dan dari U-I-O-P. Mungkin ini dengan tujuan memudahkan optimasi penggunaan tombol shift sebelah kiri dan kanan. Untuk tombol angka digabung dengan tombol Q-W-E-R-T-Y-U-I-O-P dan untuk mengaktifkannya tekan tombol Fn terlebih dahulu. Pada keyboard juga terdapat tombol lain seperti sym untuk simbol, enter, backspace, tombol navi dan ctrl (sampai saat ini belum tau fungsi si ctrl ini) Huuf…. Mengenai pemakainnya, keyboard cukup enak walaupun mungkin agak susah bagi yang memiliki ibu jari yang GD! Mungkin yang agak mengganggu adalah ketika menekan keyboard baris pertama akan terbentur dengan slidenya. Perlu pembiasaan terlebih dahulu.

IMG_9085

Keyboard QWERTY

APLIKASI

MXCapture-1 Menu Utama

Karena merupakan hp untuk sosial network maka terdapat berbagai aplikasi yang berhubungan dengan social network seperti Facebook (tentu saja :mrgreen), myspace, hi5, youtube, friendster (ternyata masih ada) dan aplikasi berita, namun yang agak aneh tidak terdapat aplikasi untuk twitter… twwewewew.. :D

Aplikasi lainnya seperti quickoffice yang sudah support office 2007 (qiuckoffice hanya bisa membuka file, namun tak bisa untuk create new file, harus beli quickoffice versi premier). Aplikasi Ovi Maps tak ketinggalan disini untuk navigasi, ada juga Adobe Reader, Zip, Converter , FM radio dan Calculator Huahahaha… :mrgreen:

Aplikasi diatas merupakan aplikasi standar bawaan si C6. Namun aku sendiri menyarankan untuk menginstall aplikasi lain untuk menambah fungsi si C6. Aplikasi tersebut antara lain (dan beberapa bajakan) Huhuhuh..:

1. Garmin Mobile XT. Bisa sebagai pengganti Ovi Maps untuk navigasi karena untuk Indonesia kita bisa update map dari navigasi.net. Peta dari navigasi.net bersifat free tapi Garmin nya ya bayar (seharusnya) :P

2. Google Maps. Lagi2 ini untuk navigasi, namun butuh koneksi internet baik dari operator atau gratisan dari Wi-Fi. Kelebihan dari aplikasi ini adalah kita bisa melihat citra satelit wilayah yang diinginkan. Ini gratis aplikasinya.

*tenang aplikasi selanjutnya bukan tentang navigasi lagi :P #maklum mahasiswa geodesi

3. Opera Mini atau Opera Mobile. Tak perlu penjelasan kukira :mrgreen:

4.Gmail. Aplikasi email jika anda memiliki akun di google

5. Snaptu. Aplikasi ini merupakan multi social network. Mendukkung facebook, twitter dll. High recommended and it’s free

6. Ebuddy, shmessenger, Nimbuzz, mig33, terserah pilih yang mana. Untuk instant messanging

7. Flash light untuk mengubah layar sentuh jadi senter dan Brightlight untuk memakai lampu blizz kamera jadi senter juga. Asik khan.. huhuhu download dari Ovi Store

8. Kamus inggris-indonesia dan KBBI Mobile kalau belum bisa bahasa Indonesia atau Inggris :D

9. Utility seperti Swiss Manager Program atau MobiXplorer untuk memonitor kinerja HP, service, kill aplikasi, restart dll. Kayak Task Manager di Windows. For Expert ONLY! Be carefull

*kalau aku nggak ngasih link download, berarti aplikasinya bayar. :mrgreen:

Contoh tampilan beberapa aplikasi:

 MXCapture-6 MXCapture-4

 MXCapture-3

Tampilan aplikasi Garmin Mobile XT, Swiss Manager Pro dan Google Map

KAMERA

Kamera C6 dengan resolusi 5MP namun belum memakai lensa Carl Zeiss. Hasilnya standar dan cukup untuk capture moment lah. Video bisa merelam dalam format widescreen 16:9 atau 4:3 format mp4 (high quality) atau 3gp (jadi ingat sesuatu ama 3gp :P).  Fitur unik di C6 yaitu geo-tagging artinya pada waktu kita capture, maka pada file *.jpg hasilnya (informasi EXIF nya) memiliki koordinat dari GPS sehingga pada foto memiliki informasi lokasi. Jika foto tersebut di upload pada photo service seperti Panoramio maka foto tersebut ditempatkan pada layer google map sesuai koordinat di foto. Video pun demikian juga. Hasil nya seperti dibawah:

22072010001 25072010016

*maaf, Teteh di BEC jadi model di blog ya… :D

 

LAYAR SENTUH

Karena memiliki layar sentuh maka pada box penjualan juga disediakan stylus untukk mencet si layar. Sebenarnya pakai tangan juga nggak masalah, namun untuk beberapa link di browser memiliki tulisan kecil akan lebih enak jika menggunakan stylus. Default settingan layar sentuh disini memiliki fitur getar jika layar tersebut di touch. Getar ini akan sangat membantu ketika menulis sms atau ketikan lainnya. Namun jika mengganggu dapat dimatikan. Apabila settingan layar sentuh kurang cocok di tangan, dapat juga dikalibrasi sesuai kebiasaan.

KINERJA

Untuk kinerja tergantung spesifikasi hardware C6. C6 memakai prosesor ARM 11 434MHz yang ucah cukup untuk memenuhi prosesing (walaupun beberapa HP terbaru ada yang memakai proseor 600Mhz dan bahkan beberapa ada yang 1GHz.. ajegile musti harganya ckckc…). Mungkin yang kurang dari sisi hardware yaitu RAM yang “hanya” 128MB. Jika melakukan multi tasking kadang bisa menyebabkan timbulnya peringatan “out of memory” dan solusinya harus ditutup beberapa aplikasi yang terbuka.

Untuk Kinerja Baterai Li-Ion 1200mAH kurang memadai kalau C6 aktif dipakai dalam kondisi WI-FI atau GPS menyala. Namun untuk pemakain standar (nelpon, sms) cukup lumayan.

image

Informasi baterai C6 dari GSM Arena

KONEKTIVITAS

Untuk koneksi ke jaringan internet dapat menggunakan layanan GPRS, EDGE, 3G, atau HSDPA dari operator atau gratisan dengan menggunakan Wi-Fi frekuensi b/g. Yang agak aneh bagi aku disini adalah C6 kadangkala secara otomatis menggunakan koneksi dari operator sebagai koneksi defaultnya apabila memulai koneksi internet. Pada beberapa HP Nokia lain biasanya akan muncul konfirmasi jaringan mana yang akan digunakan, operator atau Wi-Fi. Sehingga jika kita ingin koneksi melalui Wi-Fi harus dikonekkan dulu melalui Wi-FI managernya. Mungkin hal ini bisa diperbaiki pada update an firmware selanjutnya.

Secara umum hp ini cukup enak digunakan dan memiliki fitur yang cukup lengkap (bagiku yang penting 3 fitur utama HSDPA, Wi-FI dan GPS B-) ). Layar sentuh cukup nyaman dan untuk keyboard perlu pembiasaan dalam nenggunakannya.

*Foto diambil dengan Canon PSA 590 IS, Camera C6 dan screen capture C6

About these ads